Selasa, 01 Maret 2011

Berinvestasi melalui imajinasi


Sebelumnya saya akan memberikan obrolan kedua teman saya yang telah menginspirasi saya. Inti obrolannya yaitu:

A         :  ”nanti kalo saya penya rumah saya mau ad kolamrenang yang bisa ditutup dan bisa
     jadi hall gathering, garasi di bawah tanah, atap dari kaca terus bisa dibuka tutup
     blabla bla”
B         :  “Lha uangnya darimana?”
A         :  “Lho yang penting kan uda ada rencana jadi kalo ada uang bisa direalisasiin”

Berimajinasi atau menggambarkan masa depan bisa jadi sebuah cara untuk kita berinvestasi. Seperti apa yang dikatakan teman saya “A” di atas pada pernyataanya yang terakhir. Dengan kita telah “mengimajinasikan” tujuan (saya lebih suka menyebutnya master plan) kita, kita tidak akan bingung apabila kita mendapat sesuatu untuk merealisasikannya (dalam hal ini adalah uang). Kita bisa menginvestasikan uang itu untuk meraih nmaster plan kita. Berbeda dengan orang yang tidak punya imajinasi akan master plan-nya, ketika ia mendapat uang, maka ia akan bingung mau diapakan uang itu. Bahkan bisa jadi uang itu akan habis tanpa ada hasil yang kongkret.
Jadi, menetapkan atau bahkan membayangkan master plan dalam kehidupan kita merupakan hal yang penting, kita bisa meninvestasikan uang kita untuk mencapai tujuan yang telah kita inginkan. Perlu digarisbawahi , untuk lebih memacu kita dalam berinvestasi melalui imajinasi, imajinasi yang kita bangun sebaiknya atau mungkin seharusnya adalah imajinasi tentang sesuatu yang sungguh-sungguh kita inginkan. Karena jika itu benar-benar keinginan kita, kita akan berusaha untuk  mendapatkannya.
Tetapi, karena investasi ini berhubungan dengan finansial, kita juga harus realistis dengan finansial. Makasudnya yaitu, selain berinvestasi untuk tujuan kita, kita juga harus tetap memenuhu kebutuhan kita sehari-hari. Karena realitanya, imajinasi kita masa depan tidak bisa dirasakan seketika dan merupakan kebutuhan “tersier” , jadi kita juga harus tetap berfikir realita untuk memnuhi kebutuhan primer kita sehar-hari.
Penetapan master plan ini juga dapat membangun motivasi diri kita untuk mencapai sukses dengan mendapatkannya, untuk pembahasan lebih lanjut bagaimana membangun master plan sebagai jalan motivasi akan saya berikan pada postingan berikutnya.
Mulai saat ini marilah kita berinvestasi dengan hal yang mudah yaitu melalui imajinasikan master plan kita.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar