Jumat, 27 April 2012

Cerita Berbeda di Puncak yang Sama

Puncak Ungaran untuk kedua kalinya dalam 3 bulan ?

Tidak masalah karena tentu saja keduanya punya cerita yang jauh berbeda. Kali ini saya mendaki Ungaran bertepatan dengan Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April. Saya ditemani 2 orang teman saya yang “gila-gila” - sebut saja Mualim (nama asli) dan Wahyu Aditya alias Konde alias Didot (nama asli)- dan kami bertiga menyebut diri kami sebagai anak “GAUL” .

Sebelum saya bercerita lebih jauh, saya akan memberi sedikit info mengenai Gunung Ungaran dan bagaimana untuk dapat ‘menaklukannya’.

Gunung Ungaran merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa tepatnya Jawa Tengah, Indonesia. Sesuai namanya, gunung ini teretak di Kabupaten Semarang yaitu Ungaran. Gunung Ungaran merupakan gunung api tipe strato dengan puncak tertinggi memiliki ketinggian 2.050 mdpl dan dipuncak ditandai dengan adanya “patok” TNI yang sayangnya banyak tulisan-tulisan rakyat tidak bertanggung jawabnya. Namun tetap keindahan sebuah puncak gunung sangat layak untuk dinikmati, dengan awan terhampar dan puncak gunung-gunung tetangga seperti Si Kesatria kembar Sumbing- Sindoro, Gn. Merbabu dengan Gn. Merapi yang mengintip di baliknya yang “menyihir” penikmatnya.

Di lereng gunung ungaran terdapat situs arkeologi berupa Candi Gedongsongo (gedong = gedung, songo = sembilan), beberapa curug (air terjun) seperti Curug Semirang dan Curug Lawe. Juga terdapat gua, yang terkenal adalah Gua Jepang. Gua ini terletak 200 m sebelum puncak, tepatnya di sekitar Desa Promasan (desa para pemetik teh).

Untuk dapat mencapai puncaknya terdapat 3 jalur yakni jalur Mawar, jalur Boja, dan jalur Gedong Songo. Kami memilih lewat jalur Mawar. Untuk menuju kesana yaitu melewati jalur yang sama dengan jalur menuju Umbul Sidomukti – Bandungan. Dengan membayar Rp 2000/motor untuk masuk kawasan Sidomukti dan membayar Rp 4000/orang plus Rp 2000/motor untuk parkir di Mawar kita sudah bisa memulai getting the summit. Sepanjang jalan dari Mawar kita disuguhkan dengan hamparan pohon pinus dan seskali memasuki hutan namun treknya masih bersahabat. Kita juga bisa menemukan kunang-kunang disana. Lalu setelah melewati Desa Promasan pemandangan berubah menjadi kebun teh, dan summit attack dimulai disana dengan trek yang tidak lagi “baik hati” dengan batu-batuan yang terkadang cukup terjal.

Kami tiba dipuncak sekitar pukul 22.00 dan langsung mendirikan tenda dan membuat wedang ora nggenah. Minuman hangat campuran energen kacang hijau, indocafe coffeemix, dan dicampur roti coklat dengan sedikit ada rumputnya karena memasak di dekat rumput menjadi menu makan malam kami. Tapi entah kenapa rasamanisnya  enak sekali, namanya juga laper hahaha

Sepanjang malam kami mengobrol yang tidak jelas dari membahas film tuyul dan mbak yul sampai “menggarap” saya dan pacar saya, tapi itulah yang sedikit melupakan the cold of summit. Kami tidur entah jam berapa dan bangun sekitar pukul 5.00 dan kaget ketika keluar karena puncak Ungaran seperti pasar , ramai sekali. Dan belakangan diketahui bahwa hari itu adalah Hari Bumi.

Kehangatan mulai tercipta saat menunggu sang surya bangun, kalau ini keinndahannya tidak bisa digambarkan dengan kata-kata pokoknya sunrise terindah yang pernah saya lihat. Setelah mulai terasa lapar kamipun memasak mie campur, campuran rasa soto, rasa ayam, dan rasa rendang tapi rasanya menjadi unik dan cenderung tidak karuan enaknya. Baru sekitar jam 8.30 kami beres-beres dan meluncur kembali ke kota Semarang menyongsong tugas-tugas kuliah yang telah menanti esok hari.

Gunung Merbabu dari Puncak Ungaran

Kebun Teh Desa Promasan (sumber foto)

Wedang Ora Nggenah

Earth Day 22 April 2012 - Let's Save Earth (Sumber Foto)