Kamis, 22 Agustus 2013

Si Manis dari Kemayoran

“Pertama dengar, sih, pasti heran, ada ketan kukus pakai kelapa disiram susu kental manis tapi cocoknya dimakan sama tempe goreng yang gurih”


Gunungan GorenganItulah menu andalan sebuah warung di Kemayoran, Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Garuda Ujung No. 5 yang sudah ada sejak tahun antara 1958 atau 1960. Sudah lama memang karena pemilik warung ini yang sekarang sudah generasi ketiga. Letaknya cukup mudah dijangkau karena terletak di ujung gang (Jalan Garuda Ujung tertulis di gapura gang itu) yang lagnsung menghadap ke Jalan.

Warungnya tidak sebesar namanya ternyata. Hanya sebuah kedai kecil dengan dapur dan tempat sajinya numplek jadi satu. Ada bangku panjang 2 buah untuk masing-masing 5 orang mengelilingi tempat saji gorengan yang siap santap. Lalu ada 2 kelompok kursi dan meja untuk masing-masing 6 dan 4 orang yang berbentuk seperti pos ronda. Dan 2 bangku tanpa meja untuk masing-masing 5 orang di pinggir jalan masuk gang. Dapur tempat pengukusan si ketan dan penggorengan gorengan terlihat disana. Tungku besar yang selalu menyala untukmengukus ketan terlihat disana.


Tansu Dan Teh PociMenu andalan tentu saja Tansu (Ketan Susu), yaitu ketan kukus dengan parutan kelapa yang disiram susu kental manis yang legit dan manis. Untuk yang tidak suka manis bisa request tanpa susu, kok, jadi tenang saja. Pelengkap tansu ini tentunya gorengan yang ada pisang goreng, tempe goreng garing, dan ubi goreng. Entah tersugesti atau memang enak, paling nikmat justru dimakan dengan tempe goreng yang gurih. Legitnya ketan campur susu meleleh di lidah bersama gurihnya tempe. Semua rasanya memberikan sensasi baru bagi lidah saya. Yummy. Untuk minuman ada teh poci, teh manis biasa dan ada pula kopi tubruk. Saya mencoba teh pocinya nikmat sekali. Bagi sayan makan 2 porsi tansu sudah cukup karena eneg juga jika makannya terlalu banyak karena manisnya susu.

Tidak perlu khawatir soal harga, cukup 3.000 rupiah untuk seporsi tansu, 1.000 rupiah untuk masing-masing gorengan dan 4.000 rupiah untuk teh poci yang bisa untuk 3 orang. Kebersamaan bersama teman-teman nongkrong bisa lebih berasa jika ditemani si manis gurih Tansu Kemayoran yang bisa didatangi 24 jam sehari.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar